Langsung ke konten utama

Resep Opor Ayam Dan Lontong Hidangan Idul Fitri


Momen lebaran adalah momen dimana kita kumpul secara bersamaan dengan keluarga.Dari mulai keluarga terdekat sampai keluarga terjauh pun ikut hadir dalam perayaan momen lebaran tersebut.yang paling berkesan dalam perayaan lebaran ini adalah makanan,mulai dari makanan yang kering sampai yang basah selalu menyertai hindangan tersebut.
Perlu kita perhatikan kalangan banyak orang selalu mendahulukan potongan kupat atau longing untuk perayaan hari raya ,namun sebuah lontong tidak akan bermakna kalau tidak di barengi dengan opor ayam,yah opor ayam ini yang mewarnai dan menghiasi makanan hidangan perayaan idul fitri adapun cara pembuatnya yaitu:

Cara Membuat Lontong Lezat
1.      Siapkan daun pisang yang masih muda, masing-masing selebar 40 x 30 cm. Bersihkan daun sebelum diisi dengan beras.
2.      Lalu bersihkan  beras pulen dan rendam dalam air dingin. Bisa juga ditambah dengan air kapur sirih untuk menambah aroma wangi. Setelah 1 jam, tiriskan.
3.      Gulungkan  tiga  lembar daun pisang menyerupai silinder berdiameter sesuai selera. Jangan lupa bagian berwarna hijau berada di bagian dalam.
4.       Lalu Isi daun yang  sudah digulung tersebut dengan beras sekitar ½ dari tinggi gulungan. Tutup ujung lontong dengan lidi.
5.      Masak lontong dalam panci dengan posisi berdiri dengan air hingga merendamkan seluruh bagian lontong.
6.      Jika dalam waktu 2 jam setengah  sudah terasa empuk bisa ditiriskan. Jika kurang kenyal, bisa ditambah dengan air panas lagi.
7.      Setelah selesai, tiriskan lontong dan taruh dalam posisi berdiri.

Cara Membuat Opor Ayam
Ketupat atau lontong rasanya kurang lengkap tanpa ditemani opor ayam. Berikut ini caranya membuat resep opor ayam. Bahan dan bumbu opor ayam yang perlu disiapkan adalah:
1.      Daging ayam sebanyak 1 kg
2.      Santan 500 gram
3.      Daun salam 4 lembar
4.      Serai  batang
5.      Gula merah 1 sendok
6.      Lengkuas 2 cm
7.      Ketumbar 1 sendok
8.      Kemiri 8 butir
9.      Jintan 1 sendok makan
10.  Bawang merah 12 butir
11.  Merica 1 sendok makan
12.  Bawang putih 5 siung, dan
13.  Garam secukupnya
Adapun cara membuatnya, simak langkahnya di bawah ini
  • Pertama, rebus daging ayam selama 15 menit dalam air mendidih.
  • Kedua, masukkan bahan-bahan meliputi ketumbar, jintan, merica, bawang merah dan putih, kemiri yang sudah dihaluskan. Lalu masukkan juga lengkuas, gula merah, serai, daun salam, garam. Aduk hingga rata.
  • Ketiga, jika dirasa sudah merasuk bumbunya, masukkan santan dan tunggu hingga matang.
Baca artikel lainnya : Opor Ayam Pedas Dan Nikmat Untuk Praktek Di Rumah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Android Teranyar Untuk Gamers

Aplikasi android teranyar untuk gamers - Sudahkah Anda beberapa gamers mania melengkapi smartphone dengan aplikasi Android teranyar? Masuk akhir th., beberapa aplikasi game Android menarik sudah tersedia banyak serta siap untuk dimainkan di smartphone yang memakai OS Android. Yuk, teliti aplikasi Android teranyar untuk gamers yang mungkin belum Anda punyai. Aplikasi Android teranyar untuk gamers 1. Twisty Planets  Aplikasi Android teranyar untuk gamers yang sangatlah menarik untuk dimainkan yaitu Twisty Planets. Disini, Anda bakal ditantang untuk menolong ciri-ciri paling utama dalam upayanya menghimpun tiga bintang yang sudah disebar lalu mencari pintu keluar. Salah satu kekhasan dari aplikasi Android teranyar untuk gamers ini yaitu penampilannya yang fleksibel, dapat ikuti arah smartphone yang Anda genggam. 2. Wicked Lair  Game Wicked Liar adalah aplikasi Android teranyar untuk gamers yang memadukan game Tiny Tower dengan genre tower defense. Pekerjaan Anda dalam perma